Budaya Makan Sunda yang Unik dan Menarik

Spread the love

Sunda merupakan salah satu suku yang terkenal di Indonesia, sebagian besar menghuni wilayah Jawa Barat dan sekitarnya. Tahukah kamu kalau budaya makan Sunda terkenal cukup unik dan menarik. Penasaran apa saja? Mari simak ulasan di bawah ini:

Budaya Makan Sunda yang Menarik untuk Diketahui

Tahukah kamu bahwa masyarakat Sunda sangat menjaga tradisi dan budaya yang diwariskan oleh nenek moyang, termasuk makanan. Oleh karena itu penting kiranya untuk membahas kebiasaan atau budaya unik Suku Sunda ini agar menambah wawasan.

Budaya Makan Sunda

  1. Sangat Menyukai Ikan Asin

Ikan asin merupakan salah satu olahan favorit masyarakat SUnda. Asalnya dari pesisir santai yang sudah melalui proses pengasinan menggunakan garam yang sangat banyak. Hal inilah yang membuat ikan asin awet hingga berbulan-bulan.

Jenis ikan asin yang dikonsumsi oleh masyarakat Sunda cukup beragam mulai dari cucut, peda, jambal roti, gabus dan masih banyak lagi yang lainnya. Lebih lezat jika menyantapnya bersama nasi panas, lalapan dan sambal pedas.

Walaupun hidangan ikan asin ini sangat sederhana, namun masyarakat Sunda sangat menyukainya. Bahkan di beberapa restoran, ada yang menggunakan ikan asin sebagai menu utamanya.

  1. Jengkol dan Petai Menjadi Makanan Favorit

Selain ikan asin, jengkol dan petai juga menjadi makanan favorit masyarakat Sunda. Termasuk kedalam jenis tumbuhan polong dengan aroma yang khas. Bagi suku lain, rasanya memang agak aneh, tapi untuk Suku Sunda, jengkol adalah hidangan wajib yang harus ada saat acara penting.

Hal ini bukan tanpa alasan, jengkol dan petai sangat baik untuk kesehatan karena didalamnya mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Jengkol dan petai kerap dijadikan lalapan atau diolah menggunakan resep khusus.

  1. Suka Makan Bersama

Sebenarnya budaya makan Sunda tidak jauh berbeda dengan lainnya yang gemar makan bersama. Kebiasaan ini disebut dengan botram. Sedangkan “munggahan” juga makan bersama, namun ketika menjelang hari raya saja.

Biasanya masyarakat Sunda akan mengundang kerabat, tetangga dan keluarga untuk menikmati olahan bersama-sama. Tujuannya agar tali silaturahmi semakin erat terjalin, sebagai bentuk rasa syukur atas segala kenikmatan yang diberikan oleh Tuhan dan lain sebagainya.

  1. Suka Lalapan Mentah

Kamu pasti sudah tahu bahwa lalapan merupakan jenis sayuran mentah yang biasanya disajikan sebagai pelengkap makanan masyarakat Sunda. Tak ketinggalan juga ada sambal tomat dan bawang. Sayuran yang digunakan beraneka ragam, contohnya adalah kol, selada dan terong.

Sebenarnya kebiasan masyarakat Sunda mengkonsumsi lalapan ini tidak terlepas dari keadaan alam tanah Sunda. Disana dikelilingi oleh pegunungan yang subur dan masyarakatnya sering menanam sayuran. Jadi tak heran jika suka lalapan mentah.

  1. Kuat Makan Pedas

Orang Sunda sangat suka masakan yang bercita rasa pedas. Bahkan mereka terkadang menggunakan cabai rawit mentah sebagai menu utama. Terdapat berbagai jenis sambal dengan cita rasa yang berbeda antara satu dengan lainnya.

Penambahan lain seperti jeruk nipis dan terasi semakin menggugah selera. Jadi kalau berkunjung ke daerah Jawa Barat, wajib banget nyobain sambalnya yang pedas.

  1. Ikan Gurame Hidangan Mewah

Terakhir adalah ikan gurame hidangan mewah yang biasanya disajikan pada acara khusus. Kenapa Orang Sunda suka makan ikan gurame? Karena mudah ditemukan dan harganya cukup murah. Tidak hanya ikan gurame, mereka juga menyukai ikan nila, pindang, asin.

Bagaimana apakah kamu tertarik dengan budaya makan Sunda yang cukup menggugah selera di atas? Jika iya, jangan lewatkan semuanya jika berkunjung kesana ya! Nikmati bersama orang tersayang kamu.