Kuliner Khas Majalengka

Spread the love

Kuliner Khas Majalengka – Majalengka merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Barat. Saat ini Majalengka sudah banyak dikenal orang berkat adanya Bandara Soetta. Selain itu Majalengka juga terkenal dengan area persawahannya yang luas.

Akan tetapi Majelengka juga memiliki beberapa kuliner khas dari daerah tersebut. Jadi banyak juga wisatawan yang memang sengaja berlibur ke Majalengka untuk menikmati hidangannya.

Kuliner Khas Majalengka

Ini Dia Sepuluh Kuliner Khas Majalengka yang Unik

  • Pepes Lauk Beunteur

Hidangan yang satu ini merupakan kuliner khas dari Majalengka. Hanya saja sekarang sudah mulai jarang Anda temukan. Biasanya hanya warung-warung kecil daerah pedesaan saja yang masih ada. Beunteur ini merupakan ikan kecil-kecil yang biasanya ada di sungai. Ikan tersebut akan dibuat pepes dengan bumbu rempah-rempahnya yang khas.

Hasilnya adalah pepes dengan aroma yang khas karena menggunakan daun kemangi juga. Hidangan ini akan sangat cocok Anda nikmati dengan nasi hangat. Untuk mendapatkannya lebih baik Anda memesan melalui catering.

  • Angeun Tutut

Tutut ini biasanya banyak dinikmati masyarakat Majalengka dengan nasi putih hangat. Tutut merupakan keong dengan ukuran yang kecil. Biasanya keong atau tutut tersebut akan diolah dengan cara oseng-oseng dengan bumbu khas. Anda bisa mendapatkan hidangan ini di warung-warung pinggir jalan.

  • Pepes Jeroan

Selain ada pepes dari ikan beunteur, Majalengka juga memiliki pepes jeroan. Jeroan biasanya akan diolah menjadi tumisan atau dalam gulai. Namun di Majalengka akan dibuat menjadi pepes dengan cita rasa yang berbeda. Cara untuk membuatnya juga hampir sama dengan pepes biasanya. Hanya menggunakan bumbu yang khas dari Majalengka.

Pepes ini akan sangat cocok Anda nikmati bersama nasi hangat dan kerupuk. Anda juga bisa pesan kuliner khas Majalengka ini melalui catering agar lebih mudah dan praktis.

  • Opak Bereum

Majalengka ternyata juga memiliki kuliner dalam bentuk camilan berupa opak bereum. Opak bereum atau juga opak merah adalah makanan berupa kerupuk opak yang terbuat dari bahan utama berupa ketan. Cara untuk mengolah opak bereum tersebut adalah dengan merebus ketan kemudian akan dihancurkan. Ketan yang sudah menjadi adonan tersebut nantinya akan dibentuk dan dibakar.

Opak merah ini akan banyak Anda temukan pada toko-toko oleh-oleh. Biasanya memang banyak wisatawan yang membawa opak merah ini untuk oleh-oleh saudara.

  • Durian Lokal

Untuk Anda yang menyukai durian, maka tidak salah jika berkunjung ke Majalengka. Majalengka memiliki jenis durian lokal yang juga tidak kalah dengan jenis durian dari kota lain. Durian lokal Majalengka memiliki rasa yang manis dan juga legit. Selain itu aromanya juga khas. Akan sangat cocok jika Anda bawa pulang untuk oleh-oleh.

Ada banyak orang yang jual kuliner khas Majalengka ini. Biasanya akan banyak Anda temukan pada pedagang pinggir jalan. Namun perlu diperhatikan apakah pada saat itu sedang musim durian atau tidak.

Artikel Pilihan : Tumpeng Mini Jakarta

  • Surabi Oncom

Ada beberapa daerah yang memang memiliki makanan khas berupa surabi. Hanya saja setiap daerah tersebut memiliki ciri khasnya masing-masing. Salah satunya adalah surabi dari Majalengka. Surabi Majalengka memiliki ciri khas berupa oncom sebagai taburannya. Hal ini tentunya berbeda dengan hidangan surabi yang biasanya memiliki rasa manis.

Hidangan ini memiliki cita rasa yang gurih karena menggunakan santan dan juga oncom. Surabi ini akan sangat cocok jika Anda gunakan sebagai menu sarapan. Terutama ketika masih dalam keadaan yang hangat dan ditemani dengan teh hangat.

  • Mangga gedong gincu

Selain durian, Majalengka juga memiliki buah lokal dengan cita rasa yang khas yaitu mangga gedong. Saking terkenalnya, mangga gedong gincu ini bahkan sudah banyak diekspor ke beberapa negara. Buah ini memiliki rasa yang manis dan juga bentuknya yang lucu. Jika sedang musim banyak pedagang yang menjual kuliner khas Majalengka murah ini.

  • Jalakotek

Jalakotek ini merupakan hidangan yang cukup terkenal bagi masyarakat Majalengka. Jika Anda lihat sekilas, maka hidangan ini akan memiliki tampilan yang sama dengan pastel. Akan tetapi yang membedakannya, jalakotek ini memiliki tekstur yang kenyal. Tekstur kenyal tersebut karena menggunakan tepung aci.

Jalakotek ini biasanya memiliki berbagai macam isian yang bisa Anda coba. Biasanya akan cocok dinikmati dengan saus cocolan atau menggunakan cabai hijau. Terutama jika Anda santap dalam keadaan masih panas.

  • Kecap khas Majalengka

Selain terkenal dengan beberapa hidangannya, Majalengka juga terkenal dengan oleh-olehnya berupa kecap. Kecap khas Majalengka ini bahkan sudah ada sejak tahun 1980-an. Tentunya cita rasa dari kecap ini masih sangat terjaga dan khas. Anda bisa mendapatkan kecap ini pada toko oleh-oleh. Selain itu kecap ini juga tersedia dengan berbagai macam ukuran yang bisa Anda pilih.

  • Kalua jeruk

Kuliner khas Majalengka yang terakhir adalah kalua jeruk. Kuliner ini lebih tepat untuk disebut sebagai camilan atau jajanan. Kalua ini merupakan camilan dengan cita rasa manis yang terbuat dari jeruk bali. Kulit jeruk yang tebal akan diolah dengan gula merah.

Tekstur dari kalua jeruk ini seperti keras dari luar. Namun saat sudah Anda gigit maka teksturnya akan menjadi lembut. Hidangan ini akan banyak Anda temukan pada toko oleh-oleh. Biasanya memang dijadikan sebagai buah tangan oleh para wisatawan. Terutama untuk anak-anak karena rasanya yang manis seperti permen.

Demikian artikel mengenai kuliner khas Majalengka yang bisa Anda coba. Selamat mencicipi!