Ini Dia Tips Makan Jengkol Agar Tidak Bau Mulut

Spread the love

Tips Makan Jengkol Agar Tidak Bau Mulut

Tips Makan Jengkol Agar Tidak Bau Mulut – Ada banyak tips makan jengkol agar tidak bau mulut yang dapat Anda terapkan. Dimulai dari tips yang paling mudah untuk dilakukan, hingga tips yang cukup ribet dan sulit untuk dilakukan. Meski demikian, rasanya tidak ada hal yang sulit untuk dilakukan jika memang Anda ingin menghilangkan aroma bau tidak sedap yang ditinggalkan jengkol. Karena selain mengganggu kenyamanan Anda, orang di sekitar Anda pun juga akan merasakan hal yang sama. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti dengan mudah :

Membersihkan mulut

Tips pertama dapat Anda lakukan dengan cara membersihkan mulut. Namun patut untuk Anda ketahui, bahwa membersihkan mulut itu sendiri bukan hanya berkaitan dengan cara menyikat gigi saja. Tetapi juga harus dilakukan dengan beberapa tahapan yang benar. Hal ini dilakukan agar aroma yang ditinggalkan jengkol dapat dihilangkan dengan mudah. Beberapa tahapan langkah tersebut di antaranya :

  • Sikat gigi

Cara membersihkan aroma yang tidak sedap di bagian mulut dapat Anda lakukan dengan menyikat gigi. Namun pastikan untuk menggunakan pasta gigi berfluoride yang tentunya dapat menghilangkan bakteri serta kuman di bagian mulut Anda. Dengan demikian aroma tidak sedap pun dapat dihilangkan dengan mudah.

  • Berkumur dengan obat kumur

Tahapan selanjutnya adalah berkumur. Obat kumur sendiri dikenal baik dalam menghilangkan bakteri di setiap bagian mulut. Untuk memberikan efek maksimal, pastikan Anda memilih obat kumur dengan rasa daun mint, sehingga penggunaannya dapat memberikan efek menyegarkan.

  • Gunakan dental floss

Penggunaan dental floss atau benang gigi dalam membersihkan mulut menjadi bagian penting. Hal ini dapat dilakukan setelah Anda menggosok gigi. Pasalnya benang gigi akan mengeluarkan sisa makanan yang mungkin masih tersangkut di sela-sela gigi. Hal tersebut dikenal sebagai salah satu penyebab yang menjadikan mulut Anda memiliki bau tidak sedap.

  • Sikat lidah

Bagian paling akhir yang dapat Anda lakukan adalah membersihkan lidah. Sikat lidah dapat dilakukan dengan menggunakan alat khusus ataupun menggunakan kain kasa. Pastikan untuk menggosoknya dari bagian pangkal atau bagian dalam lidah dan tarik menuju arah luar. Hal tersebut akan membantu Anda dalam menghilangkan kotorannya dengan mudah.

Konsumsi beragam jenis minuman

Selain membersihkan bagian mulut, ada pula beberapa cara lain yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan bau akibat konsumsi jengkol. Seperti halnya dengan meminum beberapa jenis minuman berikut ini :

  • Air putih

Konsumsi air putih hangat dipercaya dapat membantu mengurangi aroma tidak sedap akibat jengkol. Hal ini berkaitan dengan air putih yang mudah diserap tubuh. Selain itu, ia pun akan dikeluarkan kembali dengan mudah melalui urin.

  • Air kopi

Air kopi dipercaya dapat menghilangkan aroma jengkol yang menyengat. Selain itu, dengan meminumnya setelah makan jengkol, bau yang tertinggal di mulut pun dapat dihilangkannya dengan mudah.

  • Air soda

Air soda dapat membantu Anda dalam mengeluarkan gas di dalam perut dengan mudah. Hal ini jelas akan membantu Anda pula dalam menghilangkan aroma jengkol yang tertinggal dengan tepat.

  • Air susu atau yoghurt

Air susu atau yoghurt akan menetralkan aroma jengkol yang terdapat dalam saluran cerna. Dengan demikian, aroma yang ditinggalkannya pun dapat dihilangkan dengan mudah.

Konsumsi makanan sehat

Selain beberapa cara di bagian atas tadi, aroma jengkol yang tidak sedap pun juga dapat Anda hilangkan dengan mengkonsumsi makanan sehat. Seperti halnya ketika Anda mengkonsumsi buah atau bahkan sayuran. Namun untuk beberapa jenis buah yang direkomendasikan di antaranya adalah :

  • Apel

  • Strawberry

  • Semangka

  • Mentimun

Hilangkan bau dengan cara mengunyah

Ada pula cara unik lainnya yang dapat Anda terapkan dalam menghilangkan aroma tidak sedap yang ditimbulkan oleh jengkol. Cara tersebut dapat dilakukan dengan mengunyah beberapa jenis makanan atau bahan alami tertentu, seperti halnya :

  • Mengunyah beras

Untuk cara yang satu ini, Anda dapat membawa satu sendok beras, kemudian cuci bersih dan kunyah secara langsung.

  • Mengunyah kunyit

Selain menggunakan beras, Anda juga dapat menghilangkan bau mulut akibat jengkol dengan bahan kunyit. Ambil satu ruas kunyit, bersihkan dan kunyah. Pastikan untuk menyesap air yang terkandung di dalamnya. Dengan demikian, aroma jengkol pun akan tergantikan dengan aroma kunyit.

  • Mengunyah daun mint

Daun mint dikenal sebagai tumbuhan alami yang memiliki rasa pahit. Namun aroma yang dimilikinya memang menyegarkan. Jika Anda tahan dengan rasa pahit, maka Anda pun dapat menggunakan cara yang satu ini.

Hilangkan bau dari aroma jengkolnya itu sendiri

Selain beberapa cara di bagian atas tadi, ada pula cara lain yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan aroma tidak sedap akibat konsumsi jengkol. Cara tersebut dilakukan dengan menghilangkan bau dari jengkolnya itu sendiri. Seperti halnya beberapa cara berikut ini :

  • Rendam jengkol sebelum dimasak

Merendam jengkol sebelum dimasak dipercaya dapat menghilangkan bau menyengat dari jengkol. Selain merendam dengan air biasa, Anda dapat menggunakan air beras agar aromanya dapat dinetralisir dan menghilang dengan lebih mudah.

  • Gunakan bumbu rempah

Selain melakukan proses perendaman, Anda juga dapat menggunakan beragam jenis bumbu rempah untuk menghilangkan bau yang tajam. Beberapa jenis rempah yang dapat Anda gunakan untuk menetralisir aroma jengkol di antaranya adalah daun jeruk serta daun jambu biji. Dengan kata lain, aroma jengkol yang menyengat pun akan tergantikan dengan aroma dari rempah itu tadi.

Demikianlah kiranya penjelasan singkat dari beberapa tips makan jengkol agar tidak bau mulut yang dapat penulis jelaskan kali ini.