Belajar Resep Sate Ayam Khas Madura Yang Istimewa

Spread the love

Sejak dahulu Indonesia dikenal sebagai negara yang sangat kaya akan makanan khas. Bahkan, cita rasa makanan khas Indonesia telah dikenal hingga ke manca negara. Nah, salah satu olahan khas Indonesia adalah sate ayam. Siapa yang tidak kenal dengan makanan khas yang satu ini? Ya, sate ayam memang menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang sangat favorit karena rasanya yang lezat. Nah, salah satu jenis sate ayam khas Nusantara yang paling lezat adalah sate ayam Madura. Yuk, ikuti resep berikut untuk membuat sate ayam Madura yang istimewa!

Resep Sate Ayam Khas Madura Paling Istimewa

Sate ayam khas Madura memang sangat populer karena rasanya yang sangat enak. Sate ayam Madura menggunakan bumbu racik yang lengkap sehingga menghasilkan cita rasa yang sangat istimewa. Nah, beberapa bahan yang perlu disiapkan untuk membuat sate ayam khas Madura adalah daging ayam, kecap manis, jeruk limau, garam, dan lalapan. Untuk membuat sambal kacang, dibutuhkan bahan-bahan seperti cabai merah, minyak goreng, bawang merah, bawang putih, air, dan kacang tanah. Sementara itu, bahan yang dibutuhkan untuk membuat minyak ayam adalah minyak goreng, ketumbar, dan bawang putih.

Cara Memasak Sate Ayam Khas Madura (6 Porsi)

Membuat sate ayam khas Madura sebenarnya tidak terlalu berbeda jauh dengan pembuatan sate ayam jenis lainnya. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisa membuat sate ayam Madura yang lezat, terutama pada pembuatan bumbu kacangnya. Nah, berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat sate ayam khas Madura:

  1. Persiapan

Sebanyak 450 gram daging ayam dicuci hingga bersih. Daging ayam dipotong tipis-tipis hingga berbentuk persegi panjang, kemudian dimasukkan ke dalam perasan air jeruk nipis, kecap manis, garam. Campuran diaduk-aduk hingga rata. Selanjutnya, diamkan selama beberapa menit hingga bumbu benar-benar telah meresap.

  1. Pembuatan sambal kacang

Sebanyak 1 sdm cabai merah, 1 sdt bawang merah, dan 1 sdt bawang putih dihaluskan. Bumbu yang telah halus kemudian ditumis hingga mengeluarkan aroma wangi. Selanjutnya, tumisan bumbu ditambahkan dengan 250 mL air dan 150 gram kacang tanah yang telah dihaluskan. Aduk semuanya hingga merata, kemudian ditambahkan gula secukupnya. Tunggu selama beberapa menit hingga tekstur bumbu agak kental, kemudian angkat dan tiriskan.

  1. Pembuatan sate ayam

Sebanyak 1 sdt ketumbar dan 1 sdm bawang putih dimasak menggunakan 75 mL minyak goreng dengan api kecil hingga warna bawang putih menguning. Selanjutnya, diangkat dan didinginkan. Saring bawang putih dan ketumbar, kemudian diambil minyaknya saja. Daging ayam yang telah dipotong-potong kemudian ditusuk menggunakan tusuk sate. Selanjutnya, olesi dengan minyak ayam yang telah disiapkan sebelumnya. Bakar sate hingga matang dengan bara api yang sedang.

Setelah daging ayam selesai dibakar, segera sajikan di atas piring dengan menambahkan sambal kacang serta lalapan. Agar sate ayam khas Madura lebih sedap untuk disantap, maka kita bisa menambahkan acar mentimun sebagai tambahan lalapan. Pada dasarnya, rasa sate ayam khas Madura ini memiliki ciri khas yang berbeda dengan sate ayam pada umumnya. Saat membuat sambel kacang, bumbu kacang dimasak lebih lama hingga minyak kacangnya keluar. Semakin lama proses pemasakan bumbu kacang, maka akan semakin lezat cita rasanya. Oleh sebab itu, pembuatan bumbu kacang menjadi kunci penting dalam membuat sate ayam khas Madura yang istimewa.